Rabu, 17 Desember 2014

Balok Menes




Kue Balok Menes

Balok Menes | Sobat illah fadhilatul ummah, lagi belum ada ide alias bingung, mending saya posting tentang balok saja deh.
Pernah mendengar kata balok kan? kalo pernah, pasti asumsinya adalah sepotong kayu panjang segi empat dan keras bukan?.

Itu pasti, karena memang balok pada umumnya adalah demikian. Tapi tidak halnya di daerah Menes Pandeglang, balok disini malah bisa dimakan karena bentuknya kecil dan empuk, karena balok adalah sejenis kuliner alias jajanan khas Menes Pandeglang.

Nah apakah sobat pernah mendengar kue balok? kalau belum pernah...saya akan berbagi ceritanya. Kue balok adalah makanan khas  dari daerah Menes, sebuah kecamatan di Kabupaten Pandeglang Banten. Kue balok adalah sejenis makanan terbuat dari singkong, berbentuk persegi empat layaknya kotak, dan berwarna putih.  Lembek bila disentuh dan kenyal bila sudah berada di mulut. Itulah kue balok.
Yang unik dan menjadi ciri khas makanan ini  adalah penambahan dua bumbu yaitu bawang goreng yang dicampur sejenis minyak,  diolesi tepat diatas potongan balok ini. tak lupa tambahan serundeng diatasnya. Mau tau rasanya?..Yang jelas kalo makan satu pasti pengin nambah rasanya.

Kalo di daerah sobat mungkin tidak ada namanya kue balok, tapi barangkali ada yang mirip-mirip seperti ini mungkin ada dan entah apa namanya. So, kalo ada sobat yang kebetulan mampir ke Pandeglang, jangan lupa mempir ke Menes juga, biar ngrasain dipukul balok hehe...

Semoga manfaat dan happy blogging..








Kue Balok Gurih dan Nikmat



Bila mendengar “balok” yang terbayang oleh kita adalah sebuah kayu panjang berbentuk kubus. Tapi di daerah Babakan Lor, Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang, balok adalah nama sebuah penganan/kue yang terkenal nikmat. Disebut balok karena kue ini seperti balok kayu yang digunakan sebagai bantalan rel kereta api.



Bahan pembuat kue balok ini hampir sama dengan membuat getuk hanya prosesnya saja yang sedikit berbeda. Kue balok dibuat dari ubi ketela pohon (dangdeur/sampeu dalam bahasa Sunda), kemudian dibuang kulitnya sampai bersih dan dicuci, lalu dikukus hingga empuk/lunak. Proses berikutnya, ditiriskan lalu ditumbuk menggunakan lesung sampai benar-benar halus dan diberi garam untuk memberi rasa gurih. Setelah halus, dicetak dan dipotong-potong menyerupai balok kayu. Kue ini biasanya disajikan dengan bumbu serundeng, yakni kelapa parut yang diasang kemudian ditumbuk halus.

1 komentar:

  1. Ass,,,Saya Ibu Siti Di Singapore - Saya Mengutarakan Kalau Saya Menang Togel Lagi,Itu Atas Bantuan NYAI RONGGENG Terimah Kasih Banyak Yaa NYAI YAng Telah Memberikan Angka Jitu Nya Kepada Saya Yaitu 9283 Dan Alhamdulillah Berhasil,Berkat Bantuan NYAI Saya Sudah Bisa Membahagiakan Kedua Orang Tua Saya,Bahkan Semua Hutang-Hutang Saya Bersama Hutan Kedua Orang Tua Saya Semuanya Pada Lunas Dan Bahkan Saya Juga Sudah Bisa Membuka Usaha Kecil-Kecilan,Bagi Anda Yg Ingin Seperti Saya Silahkan Hub Nomor NYAI RONGGENG Di : 085286344499 ATAU BUKA BLOK NYAI RONGGENG KLIK DISINI Karena Cuma Angka Ghoib NYAI RONGGENG Saja Yg Memberikan Bukti YAng Lain Maa Cuma Menghabiskan Uang Saja,Nomor Ritual NYAI RONGGENG Memang Selalu Tepat Dan TerBukti.

    BalasHapus